Skip to content

Prosedur baru menjadi Sahabat Sijampang

February 27, 2012
smartphonegps

SmartPhone ber-GPS

Tim Pengembang aplikasi Sistem Informasi Hujan dan Genangan berbasis Keruangan (Sijampang) telah mengeluarkan beberapa prosedur baru terkait dengan pendaftaran dan pengiriman informasi. Hal ini dilakukan untuk lebih mempermudah calon kontributor untuk bergabung. Dan juga untuk mempermudah pengiriman informasi dari kontributor sesuai dengan cara yang dipilih.

Keberagaman gadget alat komunikasi saat ini, dengan banyak aplikasi yang mendukungnya, dicoba untuk bisa didekati dengan sistem yang baru ini. Hampir semua  smartphone saat ini mempunyai perangkat GPS dan dapat menjalankan perangkat lunak seperti Google Latitude. Kemampuan smartphone dalam “menentukan lokasi pengguna” menjadi perhatian tim karena dengan demikian akan memudahkan pengiriman berita dari manapun.

Dengan memanfaatkan GPS maka saat kontributor berada di suatu lokasi tidak perlu lagi “menghafal nama lokasi” atau mencari tahu dimana ia berada. Cukup dengan mengaktifkan GPS dan menjalankan perangkat lunak pendukung, kemudian segera mengirimkan berita mengenai kondisi cuaca (atau kondisi genangan) dimana ia berada.

Sistem pengiriman informasi juga dibuat menjadi dua cara, yaitu menggunakan fasilitas SMS dan menggunakan e-mail.

Penggunaan SMS dibatasi oleh panjang berita (termasuk keterangan lokasi dari perangkat lunak seperti Latitude) hanya sepanjang 1 (satu) SMS saja. Hal ini dimungkinkan oleh perangkat lunak Latitude ataupun GPS Send yang berjalan di Android. Sedangkan text lokasi yang dihasilkan oleh Map BB (BlackBerry) tidak sapat menggunakan versi SMS ini karena text yang dihasilkan melebihi 1 SMS. Selain daripada itu untuk beberapa perangkat seperti iPhone dan sistem operasi Windows Phone pada aplikasi Latitude tidak dapat mengirimkan informasi melalui SMS.

Keterbatasan ini dapat diatasi dengan cara kedua yaitu pengiriman melalui e-mail. Dengan menggunakan e-mail maka panjang text tidak menjadi kendala lagi, dan juga pengiriman dapat dilakukan oleh semua jenis  smartphone, baik pengguna Android, BlackBerry, Windows Phone, iPhone maupun iPad.

Keterangan lokasi yang berupa koordinat ini sangat diperlukan oleh sistem karena sistem akan menempatkan informasi yang diterima pada peta Sijampang.

Sementara itu metode lama tetap dipertahankan yaitu penggunaan titik lokasi acuan (Point of Interest) yang tersebar diberbagai lokasi penting. Penggunaan POI adalah untuk mengakomodir kontributor yang tidak menggunakan GPS sebagai penentu lokasi kondisi setempat.

Cara pengiriman yang telah ada pada aplikasi Sijampang saat akan terus ditambah untuk memudahkan kontributor dalam pengiriman berita.

Prosedur lengkap untuk pendaftaran dan pengiriman informasi silakan lihat di laman prosedur.

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: